Senin, 14 Maret 2016

LIBURAN SAYA - BALI - (7d6N)

Liburan Saya Bali (7d6N)
1 . Bali
2 – 3 Jembrana
4 . Tanjung Benoa bali - Pantai Pandawa - Pura Uluwatu - Dream Land – GWK – Pantai Jimbrana
5. Bedugul -  Alas Kedaton – Sunset Tanah Lot – Pusat Ole-ole Krisna – Area Kute
6.  Kute
7 . Goto Surabaya

Ini kisah ku  petualangan kecilku
Dulu waktu kecil pengen sekali liburan ke bali paman saya suka ajak buat liburan disana pas libur tapi berhubung saya ngak punya uang jadi liburan kebali hanyalah sebuah mimpi anak – anak saya,
Dan di tahun ini dari iseng-iseng jelajah internet dengan modal nekat saya liburan ke bali, jujur saja ini liburan pertama saya jalan sendiri, dimana saya hanya tahu bali lewat internet.
Sebelumnya saya cari informasi buat penginapan murah sama tempat wisatanya.
Masuk keluar website, baca artikel backpacker biar liburan nanti sudah pada tau disana bakal gimana.
Liburan saya bukan di waktu liburan anak sekolah, tiket ke bali juga saya dapatnya lumayan murah.
Lucu juga pas liat ekspresi mama papa pas tahu saya bakal liburan ke bali sendiri, ya maklum saja ini perjalanan jauh pertama saya dan liburan dadakan buat orang tua saya. Takut, khawatir anak perempuan ngak ada yang jagain disana. Dengan cepat mama saya mengambil HP dan langsung menelpon paman saya yang ada diBali. Mama sempat melarang saya untuk liburan dikarenakan Paman saya lagi berada di Jakarta mungkin karna takut saya bakal sendirian disana, sedih juga.
Dengan bujukan rayuan serorang anak, akhirnya mama mengiyakan saya berangkat, dengan 1 tas ransel dan 1 tas samping saya siap melakukan perjalanan panjang.
Sedih juga jauh sama keluarga kurang lebih 2 minggu lamanya, berhubung abis liburan langsung melanjutkan kegiatan pelatihan di Surabaya selama 5 hari.
Dengan modal tiket MDC-DPS (tansit UPG)

Saya siap berpetualang , diawali dengan doa saya melangkah keluar dari zona aman saya.
Rindu mama.. Rindu.. papa.. Rindu adik Tersayang.. dan bakal Rindu semuanya itu yang ada di benak saya pas saya melangkah masuk ruang tunggu.

Dengan penerbangan pagi menggunakan jasa penerbangan Lion air, saya sampai di UPG dan melanjutkan penerbangan dan siangnya saya sampai di DPS.

Senang Bisa sampai dengan selamat, di sambut senyum hangat Paman saya membuat saya merasa semua akan baik – baik saja pastinya. Terima kasih karna pulangnya lebih cepat karna kedatangan saya

Sesampainya di sana saya langsung meminta paman untuk menemani saya mencari penginapan di area Kuta. Berhubung tempat tinggal paman saya jauh dari pusat kota yg tepatnya berada di daerah Pakutatan.
Dengan motor maticnya saya meminta paman untuk mengantarkan saya ke area penginapan yang saya liat di internet.

Saya mendatangi penginapan Wisma Arthawan karna itu merupakan salah 1 penginapan murah di area Pupis Line yang menjadi rekomendit dari para backpacker dan wisatawan yang pernah / sering berlibur  di bali, harga kamarnya juga murah mulai dari  60rb – 200rb semalam dengan fasilitas kasur, kipas, lemari, kamar mandi dan makan pagi yang ala-ala bule gitu.

Hari Pertama :
Diajak jalan-jalan ke Pantai Kuta..
Sorenya saya dibawah melihat keindahan pantai dan pura di atas pantai ( tanah Lot ) area wisata di bali yang sudah sangat popular.

Malamnya saya diajak jalan-jalan keliling area kute dan mampir foto ke tugu bom bali dan balik ke penginapan sesudahnya.

Lumayan melelahkan di hari pertama ini.

Hari ke Dua :
Di hari ke- 2 ini saya di ajak paman berkunjung ke Medewi Beach Cottage tempat dia bekerja, tempatnya di daerah pekutatan Jembrana cukup jauh dari kute kira – kira 2-3 jam perjalanan dari Kute.

Saya diharuskan bangun pagi-pagi dan langsung bergegas  agar tidak kena macet  diperjalanan. Perjalanan yang cukup jauh dan  panas sungguh sangat melelahkan. tapi semua terbayar dengan hijau pegunungan dan segarnya air laut saat berada di Medewi,

Medewi beach cottage adalah salah 1 dari begitu banyak tempat penginapan yang ada di Daerah wisata Pantai.

Dengan harga yang lumayan murah anda sudah dapat menikmati Hamparan Ombak di pantai, jangan kaget karna di daerah ini merupakan pantai terbaik bagi mereka pecinta olahraga surfing.
Sesampainya disana saya diajak kenalan sama teman seperjuangannya, orangnya juga ramah-ramah buat saya betah disana.

Sorenya saya di ajak mengeliligi daerah jembrana dan sekitarnya di ajak jalan – jalan keliling, tau saja kalo saya bosan di mess sendirian.
Saya di ajak ke pantai candi Kusuma sama ke objek wisata Bunut Bolong
Perjalanan panjang di siang menjelang sore, lelah capek terbayar..

Pantai CandiKusuma : Pantai candi Kusuma memiliki panorama yang indah dan menawan suasananya juga tenang cocok bagi mereka yang ingin menikmati kenyamanan. Berada di kecamatan melaya kab jembrana bisa di jangkau dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2.

Wisata Bunut Bolong : adalah sebuah pohon bunut Besar yang tumbuh tepat di jalanraya yang menghubungkan antara Kecamatan Pekutatandi jembrana dengan Kab Buleleng, sekitar 50 KM dari denpasar. Keunikkan pohon ini terdapar lubang ditengahnya yang menyerupai sebuah terowongan, seliain itu disisi kanan dan kiri terdapat tempat persembahyangan warga setempat.

Malamnya saya di ajak makan disalah 1 tempat kuliner yang lumayan terkenal di daerah medewi jembrana, dengan harga yang murah dan cocok untuk wisatawan local. Makanan yang di jual juga bervariasi, setelah perut kenyak kami kembali ke mass.. mungkin saya lelah  dan kecapean selama beberapa hari di bali, sempat demam dan sulit sekali untuk beristirahat.  Ngasih tau ke paman kalo saya sakit itu, ngak bisa. Takut dia khawatir dan ngak kasih saya liburan sendiri..

Hari Ke – 3 :
Hari ke tiga  liburan ini saya masih berada di daera Medewi, sempat bosan karna saya ngak bisa jalan-jalan karna hari itu paman masih bekerja. Bangun tidur,, bangun tidur.. maen di pantai,, saya mengisi waktu-waktu senggang..

Siangnya saya diajak paman ke daerah nagara, dari nemenin paman menyelesaikan tugas , saya juga diajak mengunjungi salah 1 yayasan / panti di wilayah Negara Bali.

Panti asuhan Alas Kasih : Panti asuhan ini terletak di kota negara tepatnya jalan Ngurah Rai, awalnya panti ini bergerak di yayasan Kristen, Namun kini telah menjadi panti asuhan umumyang menerima anak-anak yatim dari seluruh suku, dan juga dari berbagai agama dan kepercayaan.

Setelah selesai, saya di ajak mengunjungi salah 1 objek wisata Pura di wilayah Negara, maaf tapi saya Lupa Namanya.. hihihi maklum udah lumayan lama baru post artikelnya.

Selesai mengunjungi pura saya diajak makan siang di salah 1 warung makan Babi Guling tepatnya di JL Gatot Subroto, tempat nya tidak terlalu besar tapi yang makannya banyak,,, enakkk,, harganya juga terjangkau.

Setelah kenyak,,saya kembali ke penginapan dan bersiap-siap kembali ke Kute berhubung 1 teman saya sudah berada di Kute..
Tidak lupa juga pamitan sama bapak ibu di sana.. foto-foto pastinya

Perjalanan menuju kute.. huaaaaa capeeeeekkkk…. Jelasssss… perjalanan nya cukup lama…
Sesampainya di kute, saya menghubungi rekan Pontar yang sudah berada di penginapan awal yang di bali.

Sorenya kami beristirahat, sambil menuyusun rencana perjalanan di besok hari…

Malamnya kami di ajak kembali keliling-keliling daerah kute legian dan sekitarnya, dengan modal motor kami siap keliling..

Ngak lupa juga kami mampir di Joger Bali yg merupakan salah 1 icon di bali dan krisna Pusat ole-ole..

Di lanjutkan dengan makan malam bersama di salah 1 rumah makan yang terkenal dengan makanan khas bali “ Ayam Betutu”… setelah kenyak saya kembali diajak jalan-jalan di area kute dan hardrock..

Hari ke- 4
Hari ke empat ini sesuai recana, kami menyewa alat angkutan roda 4 dari salah 1 agent perjalanan.
Memang teman saya bisa nyetir tapi dengan pertimbangan , kami lebih memilih memakai agent perjalanan, dengan membayar Rp. 450.000,- / krg lebih 8 jam – selesai perjalanan  Tergantung wisata ke arah mana. Dan untuk hari ini kami memilih wisata ke area Pantai..
Sedih karna paman saya harus kembali ke jembrana melanjutkan tugas dan tanggung jawabnya.
Makasi sekali atas bantuan selama berada di bali, Love u Paman..

Dan tujuan pertama kami di hari ini adalah Water Sport Tanjung benoa :

Tanjung Benoa adalah  surganya olah raga air bagi mereka yang menyukai aktivitas wisata bahari. Di tempat ini banyak sekali penyedia jasa yang menawarkan Water sport Seperti Parasailing, jetsky, Banana Boat, Fly Fish, Snorkling dan Wisata Kepulau Penyu. Harga yang di tawarkan Juga Bervariasi so Wajib Pandai memilih Jasa..
Saya Memilih Parasailling dan Flying Fish.. Harga yang di dapat juga lumayan dengan tawan menawan dengan penyediajasanya.

Parasailing merupakan Permainan dimana anda kan memakai paying parasut dan di tarik oleh Speed Bat mengeliling pantai Tanjung Benoa. Waktu Permainan ini satu putaran sekitar 5 menit di udara dengan ketinggian kurang lebih 30 – 40 meter. Jelas ini Permainan yang sangat menantang adrenalin..

Kemudian di lanjutkan dengan Flying Fish
 Flying Fish adalah salah 1 wahana yg menyenangkan, dengan mengendarai perahu karet datar yang di tarik speedboat dengan posisi badan terlentang kamu ajan merasakan pengalaman terbang melawan angin dan terbang di atas air laut.  Kamu akan merasakan pengalaman seperti ikan terbang dengan 1 pemandu Flying Fish Profesional yang dapat menjamin keamanan dan pengalaman perjalananmu yang tak terlupakan.

Setelah selesai menikmati permainan kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Pandawa
Pantai Pandawa adalah salah 1 objek Wisata Pantai berpasir putih yang  terletak di Bali bagian Selatan Pemandangan indah dengan Tebing kapur serta jamuan dari patung dari ke lima Pandawa harga tiket masuknya juga terjangkau.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Pura Luhur Ulu watu
Dala, perjalanan ke Uluwatu kami pun diajak mampir ke sebuah tempat yang menawarkan Kopi Luwak Gratis. Selesai menikmati minuman gratis kamipun melanjutkan perjalanan lumayan melelahkan. Sesampainya di kawasan wisata Pura Luhur ulu watu kami membeli tiket masuk , setelah mendapatkan tiket saya dan partner pun di arahkan untuk menggunakan kain karna mmg kami memakai pakaian yang agak terbuka. Setelah selesai menggunakan kain kami pun menyewa pemandu yang dapat memandu kami dalam perjalanan menikmati indahnya tempat wisata. Dan sebagai info hati-hati jika anda membawa barang yang dapat dengan mudah dicuri, karna di area ini banyak terdapat monyet yang seringkali mngganggu perjalan anda. :D

Setelah  selesai, kami pun melanjutkan perjalanan kami ke DreamLand Beach
Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke GWK
GWK (Garuda Wisnu Kencana) adalah Sebuah  taman budaya yang menjadi salah 1 objek wisata di bagian selatan Bali berlokasi di Tanjung Nusa Dua Wil Kab Badung. Disini parapengunjung misa melihat keindahan panorama alam yang memukau karena objek wisata ini berada didataran tinggi Batu kapur.

gwk

Kemudian kami pun melanjutkan perjalanan ke Pantai Jimbrana menikmati matahari terbenam.
Melanjutkan perjalanan berbelanja Ole-ole di Krisna Pusatnya belanja Ole-ole.
Setelah seharian menikmati indahnya Pantai kami pun kembali ke penginapan, kemudian menikmati malam di area kute dan sekitarnya

Hari Ke-5 :
Hari ini kami pun masih menggunakan salah 1 agen perjalanan untuk mengantar kami menikmati tempat wisata di bali. Dan tujuan kami hari ini tidak lagi ke pantai.
Tujuan Pertama Kami yaitu Danau Bedugul

Tempat ini menawarkan keindahan pemandangan alam daerah pegunungan dan danau. Serta di area ini terdapat danau yang bernama danau beratan.
Dan disini juga anda dapat melihat icon yang sangat terkenal dan selalu menghiasi banyak media info yang terkait denga pulau dewata.

Selesainya menikmati area wisata bedugul kami pun melanjutkan perjalanan ke Alas Kedaton
Liburan Kebali tidak lengkap apabila tidak mengunjungi  tempat wisata ini.

Alas Kedaton adalah tempat yang di huni oleh ribuan kera dan kelelawar, dan hal tersebut menjadi cirri khas dari objek wisata ini, Nama Alas Kedaton di ambil dari kata “Alas” yang Berarti Hutan / Rimba dan “Kedaton” atrinya Istana, jadi Alas Kedaton Adalah Hutan yang dihuni oleh sekelompok kera yang di keramatkan oleh masyarakat sekitar, ditempat jangan heran jika ada banyak sekali monyet berkeliaran. Anda sesuai informasi dari pak sopir, jangan membawa barang yang muda di ambil, karna mmg betul monyet disini lumayan nakal juga, harus hati-hati dan ada baiknya anda di antar oleh pemandu sehingga perjalanan anda aman dan nyaman. Dan setelah selesai menikmati keindahkan wisata disini kami melanjutkan perjalanan ke  Objek Wisata Tanah Lot.

Tanah Lot Merupakan Objek wisata yang berada di bali, selamat berada disini anda akan di suguhkan dengan pemandangan laut yang sangat indah. Tanah Lot merupakan nama dari sebuah Pura yang di kelilingi oleh air laut pasang surut. Di tempat ini terdapat dua pura yang letaknya berada di atas batu besar dan 1 pura terletak di atas tebing menghadap kelaut.

Selesai menikmati keindahan wisata disini kami pun kembali ke penginapan, dan hari ini hari yang melelahkan tapi sangat menyenangkan.

Hari Ke 6 :
Hari ini cukup untuk mengitari area Kuta berhubung partner pontar saya akan kembali ke manado dan saya pun memilih untuk beristirahat di penginapan karna besoknya saya akan mengikuti pelatihan di Surabaya.

Liburan Kali ini merupakan Liburan yang Luar Biasa, Terima Kasih Bali..
Banyak kenangan, Banyak Hal baru, Banyak Pelajaran…
Sutatu saat saya akan kembali lage… SeE uuuu